9 Tips Bikin Pensi Sekolah Kamu Pecah Habis

Selamat datang di emu-ensoniq.com

9 Tips Bikin Pensi Sekolah Kamu Pecah Habis

Pensi Sekolah

Pensi atau pentas seni adalah acara yang bisa menaikkan gengsi sekolah. Makanya gak heran kalau tiap tahun, panitia pensi berlomba-lomba untuk bikin acara yang se-‘pecah’ mungkin!

Buat kalian yang berencana bikin acara pensi di sekolah, yuk simak tips-tips berikut ini supaya pensi sekolah kamu sukses dan diingat terus sama orang-orang yang datang.

1. Tentukan Konsep yang Unik

Ingat, sekolah lain juga mengadakan acara pensi mereka masing-masing. Jadi, kamu harus kreatif dalam menentukan konsep acara pensi sekolahmu supaya orang-orang tertarik untuk datang. Kamu bisa dapetin inspirasi dan ide segar lewat media sosial, ngobrol dengan banyak orang, dan datang ke pameran atau event kreatif lainnya. Intinya, kamu harus peka sama lingkungan.

Sumber Gambar: Pixabay.

2. Susun Rundown dengan Detil

Rundown acara adalah salah satu bagian yang paling krusial. Jangan bikin rundown yang mepet; beri jeda waktu 3–5 menit di antara kegiatan untuk mengantisipasi kebutuhan mendadak, misalnya untuk waktu persiapan artis, mengatur prop, dsb.

Supaya rundown berjalan lancar dari menit ke menitnya, tim panitia perlu berkoordinasi dari awal persiapan hingga acara selesai. Terlambat menyampaikan informasi sedikit saja, acara bisa berantakan. Makanya, handy-talkie (HT) itu udah jadi kebutuhan yang esensial buat panitia acara apapun.

3. Gunakan HT Semisal TalkAbout T60/T62

Berfitur lengkap dan tangguh, TalkAbout T60 adalah solusi efisien buat tim penyelenggara acara yang perlu terus terhubung. HT ini punya jangkauan hingga 8 km dan waktu bicara hingga 16 jam. Berkat layar LCD-nya yang terang, kamu tetap bisa membaca pesan secara jelas meski bertugas di backstage atau tempat gelap lainnya.

Semua spesifikasi di atas juga dimiliki TalkAbout T62. Keunggulan HT generasi baru ini ada pada desainnya yang lebih stylish, tombol easy pairing, dan fitur USB charging. Untuk mendapatkan TalkAbout atau informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Motorola Solutions.

4. Jaga Kekompakan Panitia

Gak ada acara yang berhasil tanpa kerja sama tim yang solid — sebelum, saat, dan setelah acara. Jadi, membangun hubungan baik dalam kepanitiaan itu wajib hukumnya supaya semua orang bekerja dengan satu hati, satu tujuan.

Buatlah aturan yang disepakati bersama beserta sangsinya. Aturan ini dibuat supaya seluruh panitia disiplin dan bisa berkoordinasi dengan baik.

Biasakan juga supaya tiap anggota panitia menyampaikan informasi dengan cara yang tepat. Alih-alih menggunakan handphone yang sering gangguan sinyal, kamu bisa mendapatkan kualitas suara yang lebih jernih dengan HT Talkbout sehingga miscommunication dapat diminimalkan.

5. Jaga Keamanan dan Kenyamanan Pengunjung

Rancang layout yang efektif untuk pensi. Pikirkan letak panggung, booth, hingga parkiran agar mudah diakses. Sediakan juga toilet yang bersih dan tempat penitipan barang demi kenyamanan pengunjung.

Kalau luas acaramu cukup besar, koordinasikan dengan pihak keamanan setempat. Tentukan juga aturan soal barang bawaan yang bisa dibawa masuk venue dan yang tidak.

Saat ada kejadian yang perlu dilaporkan, fitur privacy codes pada TalkAbout T60/T62 akan membantu kamu segera menemukan channel yang kosong sehingga kamu dan tim bisa segera mendiskusikan langkah apa yang perlu dilakukan.

6. Kerja Sama dengan Pihak Ketiga

Acara pensi sekolah bisa jadi wadah yang tepat bagi universitas untuk mempromosikan program studi mereka. Kamu bisa menyewakan booth kepada pihak kampus dan mendapatkan tambahan pemasukan.

Kalau pensi sekolahmu berkaitan dengan kebudayaan, seni, atau olahraga, kamu juga bisa menggaet organisasi atau komunitas yang bergerak di bidang terkait. Kolaborasi semacam ini otomatis menjadi nilai tambah buat acara pensi kamu di mata sponsor, juga membuat konten acaranya jadi lebih seru.

7. Maksimalkan Publisitas

Menyebarkan lembaran flyer bisa dibilang adalah cara lama untuk mempromosikan acara. Di era digital ini, kamu harus pandai-pandai memanfaatkan kekuatan media sosial (Instagram, Facebook, LINE, dsb.) dan influencer. Kalau kamu punya teman satu sekolah yang eksis dan memiliki banyak followers, rekrut dia untuk menjadi duta pensi sekolahmu.

8. Cari Sponsor

Dalam merencanakan event, kendala utamanya biasanya soal dana. Salah satu solusinya yaitu dengan mencari sponsor. Sebarkan penawaran kamu 1-2 bulan sebelum acara kepada calon sponsor yang memiliki target market yang beririsan dengan audiens kamu. Asah juga keterampilan presentasi dan negosiasi supaya sukses menjual acara pensi sekolah kamu ke pihak sponsor.

9. Undang Bintang Tamu

Penampilan artis — apalagi artis yang sedang naik daun — akan jadi nilai plus buat pensi kita. Tapi kalau mau ngundang bintang tamu, pastiin sesuai dengan budget dan masih ada sisa dana cadangan untuk keperluan mendadak lainnya. Sebelum menghubungi pihak manajemen artis, buatlah daftar bintang tamu yang potensial dan coba cari tahu pengalaman orang lain yang pernah bekerja sama dengan mereka.

Pengalaman, kerja keras, bahkan masalah yang kalian alami saat menyelenggarakan pensi sekolah akan menjadi bekal kalian di dunia kerja nanti. Persiapkan yang terbaik untuk kesuksesan acara, dan jangan lupa untuk menikmati momen yang takkan terulang ini. Semoga acara pensinya sukses ya!

Tags: , , , , , ,