Tips dan Panduan Naik Gunung untuk Pemula

Selamat datang di emu-ensoniq.com

Tips dan Panduan Naik Gunung untuk Pemula

Naik Gunung

Survei menunjukkan bahwa pekerja kantoran di kota-kota besar di Indonesia memiliki tingkat stres yang sangat tinggi. Tingkat ketegangan mental yang dihadapi setiap harinya bahkan dapat berpengaruh kepada kesehatan fisik, mulai dari terserang penyakit lambung sampai dengan naiknya tekanan darah. Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk melepaskan stres. Nah, salah satu jenis olahraga yang dapat dipilih adalah mendaki gunung.

Pengalaman naik gunung dapat menjadi sangat adiktif, apalagi jika dilakukan bersama dengan teman-teman. Melelahkan tetapi juga menyenangkan. Sensasi atas kepuasan setelah berhasil mencapai tempat tujuan rasanya sangat menyenangkan. Mendaki gunung juga merupakan olahraga yang sangat baik bukan hanya untuk kesehatan fisik tetapi juga mental. Melihat pemandangan indah di sepanjang jalur pendakian dapat menenangkan hati dan menurunkan tingkat stres. Mendaki sangat baik untuk berolahraga sambil mendekatkan diri pada alam, dan merevitalisasi kehidupan kita yang sibuk sehari-harinya. Bagaimana jika kamu belum pernah atau berpengalaman dalam mendaki? Jangan khawatir, artikel ini akan membahas tentang panduan naik gunung untuk pemula.

C:\Users\user\AppData\Local\Temp\Rar$DI19.920\1527.jpg

Hobi hiking atau mendaki gunung telah populer sejak dahulu. Saat ini, mendaki gunung menjadi relatif lebih mudah karena banyak peralatan pendukung yang bisa digunakan. Kamu mungkin merasa gamang karena belum pernah mendaki, atau hanya memiliki sedikit pengalaman mendaki. Tidak perlu keahlian khusus untuk mendaki, asalkan membawa peralatan yang tepat.

Simak panduan naik gunung untuk pemula di bawah ini agar perjalananmu bersama teman-teman jadi lebih aman dan nyaman :

Image result for trail icon

Pilih jalur pendakian yang mudah

Kesalahan utama pendaki pemula adalah memilih jalur mendaki yang terlalu curam atau panjang. Kalau kamu baru saja mulai, pilih jalur pendakian dengan elevasi yang minimal. Pada waktu film 5 cm yang dibintangi Pevita Pearce populer, Gunung Semeru menjadi salah satu destinasi pendakian yang juga populer. Padahal pendaki kawakan pun perlu banyak sekali persiapan khusus jika akan mendaki Gunung Semeru.

Pakai ‘kostum’ mendaki yang sesuai

Mengenakan pakaian yang sesuai akan sangat membantu pada saat mendaki. Jangan menggunakan celana jeans karena akan terasa sangat berat jika basah dan berkeringat. Gunakan pakaian olahraga yang memang didesain untuk aktivitas outdoor. Celana panjang dengan bahan ringan seperti katun juga membuat kamu terhindar dari luka goresan semak-semak selama mendaki. Selain itu, pilihlah sepatu atau sandal dengan sol yang agak kasar dan mampu mencengkram dengan kuat sehingga tidak mudah tergelincir. Bawa juga jaket dan jas hujan untuk mengantisipasi apabila tiba-tiba cuaca berubah.

Image result for compass icon

Pelajari peta pendakian dengan seksama

Jangan sampai kamu tersesat dan tidak mengetahui arah. Kombinasi perlengkapan navigasi elektronik seperti kompas dan GPS serta peta dapat dibawa oleh pendaki pemula. Masukkan peta ke dalam kantong plastik berperekat agar tidak basah saat hujan turun.

Bawa makanan secukupnya

Jangan sampai kekurangan dan juga berlebihan dalam membawa ransum makanan. Bawalah makanan yang kering seperti kacang, energy bar, atau buah-buahan yang mudah dibawa seperti apel dan pisang. Kamu juga bisa membawa makanan kaleng jika diperlukan. Jangan lupa membawa air mineral agar tidak dehidrasi.

 

 

 

 

 

Gunakan Walkie Talkie untuk mempermudah komunikasi

Pada saat mendaki bersama teman-teman, kecepatanmu dengan yang lain bisa jadi berbeda, sehingga ada kemungkinan kamu terpisah dengan teman-temanmu yang lain. Menggunakan walkie talkie sebagai alat komunikasi selama perjalanan dapat mengurangi risiko hilang atau tertinggal dari grup.

Untuk masalah berkomunikasi, walkie talkie (atau sering disebut juga radio dua arah), sudah ada sejak dahulu. Walkie talkie ini sangat handal karena menggunakan gelombang radio bukan sinyal telepon genggam. Pada saat yang bersamaan, walkie talkie memungkinkanmu untuk berhubungan dengan banyak orang sekaligus, selama mereka berada pada frekuensi yang sama.

Masalahnya, ada begitu banyak merek dan model walkie talkie di pasaran. Simak tips yang akan kami berikan dalam memilih walkie talkie sebagai panduan naik gunung untuk pemula.

Cara Memilih Walkie Talkie yang Tepat sebagai Panduan Naik Gunung untuk Pemula

1.Pilih walkie talkie yang ringan

Jangan sampai kamu membawa walkie talkie seberat batu bata saat mendaki. Bawalah barang seringan mungkin saat mendaki. Pilih walkie talkie yang bukan hanya ringan, tetapi juga berukuran kecil. TalkAbout T82 memiliki ukuran yang kecil, mudah untuk dimasukkan ke saku celana dan berat yang sangat ringan, kurang dari 200 gram.

2.Ketahanan terhadap cuaca

Pilih walkie talkie yang mampu dibawa dalam segala macam kondisi cuaca, termasuk kondisi cuaca yang ekstrem. TalkAbout T82 dengan teknologi IPx2, didesain untuk tahan terhadap cipratan air sehingga aman untuk dibawa ke mana saja.

3.Bebas dari lisensi radio

Tidak perlu lisensi untuk menggunakan perangkat TalkAbout T82. Kamu bisa langsung menggunakannya tanpa perlu mengurus perizinan terlebih dahulu.

4.Baterai yang tahan lama

TalkAbout T82 memiliki fitur baterai dual power sehingga kamu bisa menggunakan baterai alkaline AA standar atau baterai NiMH yang sudah termasuk dalam paket pembelian TalkAbout T82. Walkie talkie ini bisa bertahan sampai dengan 18 jam jika dicharge sampai penuh.

5.Tambahan fitur lainnya

TalkAbout T82 memiliki fitur senter LED sehingga dengan satu device, kamu memiliki fungsi penerang tambahan. Tidak perlu lagi repot-repot membawa senter yang memberatkan tas.

TalkAbout T82 adalah walkie talkie dengan durabilitas tinggi dan fitur-fitur unggulnya sangat cocok digunakan untuk pendaki pemula maupun mahir. Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih detil mengenai fitur-fitur dan spesifikasinya, kamu dapat mengikuti link berikut ini.

Semoga artikel mengenai tips dan panduan naik gunung untuk pemula ini bermanfaat untuk kamu. Selamat mendaki dan menikmati keindahan alam sambil berolahraga!

Tags: , , ,