5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Buket Bunga Mawar

Saat ditanya tentang jenis bunga apa yang akan Anda berikan sebagai hadiah untuk orang terkasih, bunga pertama yang muncul dalam benak Anda pasti adalah mawar. Hal ini tak dapat dipungkiri karena memang mawar memiliki pesona tersendiri yang mampu menjadi lambing ungkapan yang ingin Anda sampaikan pada siapapun itu orang yang akan Anda beri buket mawar tersebut.

Mawar yang merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk dalam genus rosa ini memang seringkali direkomendasikan sebagai buket atau karangan sebagai hadiah untuk hari special seperti bunga ulang tahun, bunga ucapan pernikahan, bunga untuk lamaran, hand bouqet untuk pernikahan, atau dekorasi untuk acara-acara penting lainnya.

Semakin banyaknya permintaan bunga, mawar terutama, membuat pertumbuhan toko bunga bekasi pun juga makin banyak. Anda akan makin mudah mendapati kehadiran toko-toko bunga yang berada di daerah dekat rumah.

Tapi, Anda harus selektif saat memilih untuk membeli bouqet bunga tersebut. Karena menggunakan mawar potong, tentu tingkat kesegarannya akan cepat berkurang dan membuatnya terlihat cepat layu. Untuk itu, pastikan beberapa hal ini saat akan membeli bouqet bunga.

  1. Pilih bunga dengan bagian bawah tangkai keras dan basah

Hal pertama yang bisa Anda  lakukan untuk mengetahui apakah mawar tersebut dalam keadaan segar atau tidak adalah dengan menyentuh bagian bawah dari tangkai bunga mawar. Jika tangkai bunga mawar tersebut masih keras dan basah, berarti bunga tersebut masih dalam keadaan segar. Namun, jika saat ditekan tangkai tersebut lembek dan mengeluarkan bau yang tidak enak, bisa dipastikan bahwa bunga dipetik lebih dari sehari yang lalu.

  1. Pilih bunga yang masih kuncup

Mungkin Anda heran kenapa harus memilih yang kuncup jika ada yang mekar? Bukankah pertumbuhannya akan berhenti jika sudah dipotong? Hm, itu anggapan yang salah. Meski telah dipetik, bunga mawar akan tetap melanjutkan proses mekarnya. Untuk itu, memilih bunga yang masih kuncup akan membantu Anda mempertahankan keindahan mekar dari mawar lebih lama.

  1. Coba Remas Kelopak Bunga

Setelah memastikan kesegaran lewat tangkainya, Anda juga bisa mencoba untuk menguji kesegaran dari bunga mawar dari kelopak bunganya. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan meremas bagian kelopak bunga tersebut dari bawah. JIka Anda merasakan jarak yang longgar antara helai kelopak dan juga sedikit licin, bisa dipastikan bahwa bunga mawar tersebut sudah tidak segar lagi. Namun, jika saat meremasnya Anda merasakan kelopak kuat dan kencang, maka bunga mawar dalam buket tersebut masih dalam keadaan segar. Jadi Anda tak perlu lagi ragu untuk membelinya.

  1. Perhatikan cara mengemasnya

Seperti halnya buku yang Anda beli di toko buku langganan Anda. Saat melihat segel bungkusnya terbuka, Anda pasti enggan untuk membelinya dan memilih buku lain yang segelnya lebih rapi. Begitupun dengan bunga yang Anda akan beli. Bouqet bunga tersebut seharusnya dikemas rapi denga plastic penutup di atasnya. Hal ini sekaligus sebagai cerminan bahwa sang pamilik toko bunga sangat menghargai apa yang ia jual. Mengemas bunga dengan plastic atau kertas bungkus akan membantu menjaga bentuk dari bunga dan keindahannya. Selain itu, dengan memberi plastic penutup kesegaran bunga mawar pun akan terjaga lebih lama dari yang tidak.

  1. Pertimbangkan untuk membeli akhir waktu

Bouqet bunga yang diberikan dalam keadaan segar tentu akan menambah raut cerah dari penerimanya, tentu itupun yang Anda rasakan bukan? Untu itu, coba membeli bunga dekat dengan waktu Anda akan memberikannya. Dengan begitu, tingkat kesegaran bunga akan masih sangat baik dibandingkan jika Anda membelinya beberapa jam bahkan sehari sebelum Anda memberikan bouqet bunga tersebut.

Sering bingung, di mana Anda dapat membeli rangkaian bunga dengan pilihan bunga segar berkualitas? Tak perlu ragu, hubungi Flower Chimp ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *